Sabtu, 09 Maret 2013

REFLEKSI(Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics)


Menurut  Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, hakekat Matematika Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi
Dari keempat poin diatas tentunya memiliki hubungan yang saling keterkaitan antara point yang satu dengan yang lainnya. Keempat point tersebut tentu sebuah proses menuju pembelajaran yang inovatif. Matematika sebagai pola merupakan sebagai penelitian pola dari struktur, perubahan dan ruang. Matematika sebagai problem solving akan membantu siswa untuk mengembangkan kemampuanya serta membantu siswa untuk berekplorasi, serta dapat memecahkan masalahnya dengan pikiran dan gagasan-gagasan emas yang dimilikinya. Matematika sebagai kegiatan investigasi akan mendorong siswa untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan yang dihadapi. Serta dapat mengembangkan rasa keingintahuanya terhadap suatu hal. Sedangkan matematika sebagai komunikasi untuk mengenalkan bahwa dalam simbol matematika juga terdapat makna. Matematika merupakan bahasa, artinya matematika tidak hanya sekedar alat bantu berfikir, alat untuk menemukan pola, tetapi matematika juga sebagai wahana komunikasi antar siswa dan komunikasi antara guru dengan siswa. Bahasa yang di gunakan dalam matematika dengan menggunakan simbol-simbol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar