Menurut Ebbutt
and Straker (1995) mendefinisikan SCHOOL MATHEMATICS, hakekat Matematika
Sekolah sebagai berikut:
1. Matematika adalah kegiatan
penelusuran pola atau hubungan
2. Matematika adalah kegiatan problem solving
3. Matematika adalah kegiatan investigasi
4. Matematika adalah komunikasi
Dari keempat poin diatas tentunya memiliki hubungan
yang saling keterkaitan antara point yang satu dengan yang lainnya. Keempat point
tersebut tentu sebuah proses menuju pembelajaran yang inovatif. Matematika sebagai
pola merupakan sebagai penelitian pola dari struktur, perubahan dan ruang. Matematika
sebagai problem solving akan membantu siswa untuk mengembangkan kemampuanya
serta membantu siswa untuk berekplorasi, serta dapat memecahkan masalahnya
dengan pikiran dan gagasan-gagasan emas yang dimilikinya. Matematika sebagai
kegiatan investigasi akan mendorong siswa untuk menemukan solusi dari suatu
permasalahan yang dihadapi. Serta dapat mengembangkan rasa keingintahuanya
terhadap suatu hal. Sedangkan matematika sebagai komunikasi untuk mengenalkan
bahwa dalam simbol matematika juga terdapat makna. Matematika merupakan bahasa,
artinya matematika tidak hanya sekedar alat bantu berfikir, alat untuk
menemukan pola, tetapi matematika juga sebagai wahana komunikasi antar siswa
dan komunikasi antara guru dengan siswa. Bahasa yang di gunakan dalam
matematika dengan menggunakan simbol-simbol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar