Sabtu, 23 Februari 2013

REFLEKSI (To Develop Lesson Plan for Secondary Mathematics Teaching (Mengembangkan RPP Untuk PBM Matematika di SMP))Jika diibaratkan sebuah negara RPP adalah suatu idiologi. Coba bayangkan negara tanpa Idiologi pasti akan hancur. Seperti halnya dengan RPP. Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu landasan dari sebuah proses pembelajaran. Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijadikan sebuah titik acuan mau dibawa kemana tujuan suatu pembelajaran. Seorang guru harus bisa mengembangkan RPP agar proses pencapaian pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menerangkan seluruh rangkaian proses pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, hingga penutup. Dengan adanya pengembangan-pengembangan RPP diharapkan pradigma lama yaitu pembelajaran yang berorentasi kepada guru dapat bergeser menjadi program pembelajaran yang berorentasi pada siswa. Untuk mencapai atau menggeser pradigma lama tersebut dibutuhkan komponen-komponen pembelajaran yang inovatif seperti media, metode, dan sumber belajar yang harus bisa dikembangkan oleh guru agar lebih menarik siswa. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis IT merupakan salah satu inovasi media pembelajaran yang dikembangkan untuk menarik minat belajar siswa yang disajikan semenarik mungkin sehingga siswa tidak akan pernah bosan untuk belajar. Untuk menuju pembelajaran yang berorentasi pada siswa dibutuhkan media pembelajaran yang tidak hanya berbasis pada buku akan tetapi juga pada internet. Dengan menggunakan internet secara pelahan siswa tidak akan tergantung dengan guru dan materi yang diterima bervariatif. Karena disini siswa diberi kebebasan untuk bereksplorasi dengan segala kemampuan yang dimilinya. Dengan begitu tanpa kita sadari model pembelajaran yang berorentasi kepada guru lama kelamaan akan berorentasi pada siswa. 1. Bagaimana kriteria Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plan yang baik untuk siswa SD)


Jika diibaratkan sebuah negara RPP adalah suatu idiologi. Coba bayangkan negara tanpa Idiologi pasti akan hancur. Seperti halnya dengan RPP.  Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu landasan dari sebuah proses pembelajaran. Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijadikan sebuah titik acuan mau dibawa kemana tujuan suatu pembelajaran. Seorang guru harus bisa mengembangkan  RPP agar proses pencapaian pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menerangkan seluruh rangkaian proses pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, hingga penutup. Dengan adanya pengembangan-pengembangan RPP diharapkan pradigma lama yaitu pembelajaran yang berorentasi kepada guru dapat bergeser menjadi program pembelajaran yang berorentasi pada siswa. Untuk mencapai atau menggeser pradigma lama tersebut dibutuhkan komponen-komponen pembelajaran yang inovatif seperti media, metode, dan sumber belajar yang harus bisa dikembangkan oleh guru agar lebih menarik siswa. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis IT merupakan salah satu inovasi media pembelajaran yang dikembangkan untuk menarik minat belajar siswa yang disajikan semenarik mungkin sehingga siswa tidak akan pernah bosan untuk belajar. Untuk menuju pembelajaran yang berorentasi pada siswa dibutuhkan media pembelajaran yang tidak hanya berbasis pada  buku akan tetapi juga pada internet. Dengan menggunakan internet  secara pelahan siswa tidak akan tergantung dengan guru dan materi yang diterima bervariatif. Karena disini siswa diberi kebebasan untuk bereksplorasi dengan segala kemampuan yang dimilinya. Dengan begitu tanpa kita sadari model pembelajaran yang berorentasi kepada guru lama kelamaan akan berorentasi pada siswa.
1.      Bagaimana kriteria Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plan yang baik untuk siswa SD?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar