Jika diibaratkan sebuah negara RPP adalah suatu idiologi.
Coba bayangkan negara tanpa Idiologi pasti akan hancur. Seperti halnya dengan
RPP. Rencana pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) adalah suatu landasan dari sebuah proses pembelajaran. Rencana
pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijadikan sebuah titik acuan mau dibawa kemana
tujuan suatu pembelajaran. Seorang guru harus bisa mengembangkan RPP agar proses pencapaian pembelajaran dapat
dicapai secara maksimal. Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menerangkan seluruh
rangkaian proses pembelajaran, mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti,
hingga penutup. Dengan adanya pengembangan-pengembangan RPP diharapkan pradigma
lama yaitu pembelajaran yang berorentasi kepada guru dapat bergeser menjadi
program pembelajaran yang berorentasi pada siswa. Untuk mencapai atau menggeser
pradigma lama tersebut dibutuhkan komponen-komponen pembelajaran yang inovatif seperti
media, metode, dan sumber belajar yang harus bisa dikembangkan oleh guru agar
lebih menarik siswa. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis IT merupakan
salah satu inovasi media pembelajaran yang dikembangkan untuk menarik minat
belajar siswa yang disajikan semenarik mungkin sehingga siswa tidak akan pernah
bosan untuk belajar. Untuk menuju pembelajaran yang berorentasi pada siswa
dibutuhkan media pembelajaran yang tidak hanya berbasis pada buku akan tetapi juga pada internet. Dengan
menggunakan internet secara pelahan
siswa tidak akan tergantung dengan guru dan materi yang diterima bervariatif.
Karena disini siswa diberi kebebasan untuk bereksplorasi dengan segala
kemampuan yang dimilinya. Dengan begitu tanpa kita sadari model pembelajaran
yang berorentasi kepada guru lama kelamaan akan berorentasi pada siswa.
1.
Bagaimana
kriteria Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plan yang baik
untuk siswa SD?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar