Sabtu, 23 Februari 2013

REFLEKSI (IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA)


Dari pertanyaan diatas, ternyata mengajar, belajar, dan pembelajaran matematika membutuhkan dan mempengaruhi psikologi seorang siswa maupun guru. Saat pembelajaran matematika tidak jarang siswa mengalami hambatan dan kesulitan dalam belajar. Hambatan-hambatan tersebut bisa disebabkan dari luar maupun dari dalam individu. Hambatan dari dalam seperti siswa kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan hambatan dari luar misalnya siswa tertekan dengan sifat guru yang otoriter. Yang tidak memberikan kebebasan siswa untuk berekplorasi. Padahal jika keadaan ini tetap berlanjut akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Belajar matematika bukanlah suatu hasil akan tetapi suatu proses. Yang dimulai dari tingkat dasar hingga yang paling sulit. Membutuhkan ketelatenan dan kesabaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu pembelajaran dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang inovatif. Yang dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh siswa. Serta perlu dilakukan inovasi pradigma lamamenjadi pradigma baru.
Oleh karena itu guru sebagai pendidik dituntut untuk bisa mengubah pradigma lama menjadi pradigma baru. Melakukan inovasi dalam berbagai segi komponen-komponen pembelajaran. Mengubah pola pikir yang tadinya tradisional menjadi berwawasan global. Serta mengembangkan komunikasi transaksional dan interaksi edukatif antara siwa dan guru. Guru sebagai Education for AllI harus bisa bertanggung jawab dengan segala yang terjadi dengan siswanya. Memahami dan mengenali setiap siswanya dan apa yang menjadi hambatan selama dalam proses pembelajaran. Guru juga harus bisa menumbuhkan motivasi dengan cara memberi apersepsi sebelum proses pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa terdorong untuk lebih giat untuk belajar. Yang perlu diingat oleh guru jangan pernah sekali-kali guru memaksakan apa yang menjadi kehendaknya. Biarlah siswa yang mengkaji segala sesuatunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar